Blogger Widgets Indonesia SmallBiz Community: Lima Prinsip Inovasi ala Steve Jobs (1) -->

Media Dialog Komunitas 'Small Business' Indonesia

Lima Prinsip Inovasi ala Steve Jobs (1)

Hello Mitra Bisnis, apakabar Anda hari ini?
Saat ini mari kita belajar dari salah satu pemimpin yang paling inovatif saat ini  yaitu Steve Jobs,  CEO dari Apple. Dalam buku berjudul “The Innovation Secrets of Steve Jobs”,  Carmine Gallo menjelaskan  beberapa  prinsip-prinsip  yang  bisa digunakan untuk "berpikir secara berbeda" tentang  inovasi suatu produk, jasa atau merek.

Prinsip Satu: Do what you love.  Lakukan apa yang Anda cintai. Steve Jobs pernah mengatakan kepada sekelompok karyawan, "Orang yang memiliki gairah bisa mengubah dunia menjadi lebih baik." Steve telah mengikuti kata hatinya sepanjang hidupnya  dan memiliki gairah atau semangat itu,  dan itulah yang  telah membuat suatu  perbedaan.  Sangat sulit untuk memiliki ide-ide yang baru dan kreatif  kecuali  Anda bergairah untuk  bergerak maju.

Prinsip Dua:  Put a dent in the universe. Steve Jobs percaya pada kekuatan visi. Dan ia pasti memiliki visi yang besar. Pada pertengahan 1970-an ketika komputer diasingkan ke sekelompok kecil penggemar, Steve Jobs yakin bahwa ia bisa menempatkan komputer di tangan orang sehari-hari  atau “everyday people” (dulunya mungkin ukuran komputer sangat besar). Dan dia menantang pendiri Steve Wozniak dan tim Apple untuk menciptakan sebuah komputer yang bisa digunakan sehari-hari dengan nyaman. Akhirnya, terciptalah Macintosh. Komputer yang mengubah segalanya. “Steve’s extraordinary vision and leadership saved Apple and guided it to its position as the world’s most innovative and valuable technology company,” kata Art Levinson, Ketua Genentech, atas nama Dewan Apple.

Prinsip Tiga: Kick start your brain. Steve Jobs pernah berkata "Kreativitas adalah menghubungkan berbagai  hal ".  Maksudnya adalah bahwa orang dengan seperangkat luas pengalaman hidup sering dapat melihat hal-hal yang orang lain lewatkan. Pekerjaan sering menghubungkan ide-ide dari bidang lain.  Jobs  telah banyak menggunakan ide dari industri lain untuk menginspirasi kreativitasnya dalam berinovasi. Misalnya, ia belajar kaligrafi di perguruan tinggi. Sekalipun kaligrafi tidak memiliki aplikasi praktis untuk hidupnya,  tapi ia tertarik dan bergairah tentang hal itu. Kemudian pengalaman kaligrafi yang menemukannya jalan ke Mac, komputer pertama dengan font yang indah.

Prinsip Empat: Sell dreams, not products.  Jual mimpi, bukan produk. Untuk Steve Jobs,  dia memperlakukan orang yang akan membeli produk Apple bukan sekedar "konsumen."  Tetapi  mereka  adalah orang-orang yang memiliki harapan, mimpi dan ambisi. Dia membangun produk untuk membantu orang mencapai impian mereka. Dia pernah berkata, Suatu saat dia berkata, “some people think you’ve got to be crazy to buy a mac, but in that craziness we see genius and those are the people we’re making tools for. Your customers don’t care about your product. They care about themselves, their hopes, their ambitions”.

Prinsip Lima: Say no to 1,000 things.  Katakan tidak untuk 1.000 hal. Steve Jobs pernah berkata, “I’m as proud of what we don’t do as I am of what we do.” Dia berkomitmen untuk membangun produk dengan sederhana, desain rapi.  Dari desain iPod untuk iPad, dari kemasan produk Apple, untuk fungsi situs web, di dunia Apple, inovasi berarti menghilangkan yang tidak perlu sehingga  yang penting-penting akan terlihat lebih jelas. Apa pun yang mengacaukan pengalaman pengguna dihilangkan. Itu sebabnya hanya ada satu tombol di bagian depan iPad atau mengapa tidak ada keyboard built-in pada iPhone. Yang membuat Produk Apple populer adalah karena sederhana, elegan dan mudah digunakan

Prinsip Enam: Create insanely great experiences. Bukan hanya produk-produk Apple dengan inovasi tinggi yang diciptakan Steve, tapi Apple store nya juga di buat sedemikian sehingga menarik minat pengunjung. Terhitung, rata-rata pengunjung sebanyak 17.000 setiap minggunya. Ia ingin memberikan hubungan emosional antara pengunjung dengan produk apple.

Prinsip Tujuh: Master the message. Jika Anda memiliki ide terbesar di dunia tetapi jika Anda tidak dapat mengkomunikasikan ide-ide Anda, tidak masalah. Steve Jobs adalah pendongeng terbesar perusahaan di dunia, meluncurkan produk berubah menjadi suatu bentuk seni Bukan hanya memberikan presentasi seperti kebanyakan orang, ia memberitahu, ia berpendidikan, ia terinspirasi dan dia terhibur, semua dalam satu presentasi. Jika ada suatu hal yang kamu dapat lakukan hari ini, it’s to think visually. Kata-kata sangat sedikit di slide steve job jika dia presentasi. Ini sebuah filosofi yang disebut keunggulan gambar.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...