Blogger Widgets Indonesia SmallBiz Community: Mendengarkan dengan Baik, itu sulit? -->

Media Dialog Komunitas 'Small Business' Indonesia

Mendengarkan dengan Baik, itu sulit?


Jeffrey J. Fox, penulis buku laris di Amerika Serikat, How to Become CEO, sebagai prinsip Stop, Looks and Listen. Seorang pemimpin, menurut Fox, menyempatkan diri merenung.

Dia tidak ‘membunuh’ orang lewat bibirnya. “Ia berpikir, mempertimbangkan, mengamati dengan saksama, mencari bukti, dan mendengarkan. Ia berhenti sejenak untuk mengamati. Ia berhenti mengatakan sesuatu sebelum salah bertindak. Ia berhenti sebelum mengambil keputusan tersembunyi. Ia melihat dan terus mendengarkan.”

Mendengarkan memang suatu hal yang sulit bagi orang-orang yang agresif, energik, dan pintar. Tetapi seorang pemimpin, termasuk para entrepreneur, harus melatih diri sendiri untuk selalu dapat menerima keadaan. “Anda harus mendengarkan apa yang bahkan tidak diungkapkan dengan kata-kata. Anda harus mendengarkan pelanggan, pemasok, kolega, pesaing, dan semua orang,” tulis Fox.

Dan untuk menjadi pendengar yang baik, seorang entrepreneur harus belajar, karena memang hal itu dapat dipelajari dan bisa dilatih. “ Ketika seseorang bicara, berhentilah dari aktivitas yang sedang Anda kerjakan, lihat kepada orang yang bicara dan dengarkanlah. Seorang pendengar yang baik biasanya juga adalah teman bicara yang baik,” tulis Fox.*
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...