Blogger Widgets Indonesia SmallBiz Community: Events + Responses = Outcome -->

Media Dialog Komunitas 'Small Business' Indonesia

Events + Responses = Outcome

Di dalam sebuah bukunya Jack Canfield membuat sebuah formula sederhana untuk menghadapi kondisi seperti diatas :

Ide dasarnya adalah hasil apapun yang kita peroleh; rasa bahagia atau frustasi, kesehatan yang prima atau sakit sakitan; kita kaya atau miskin, sukses atau gagal, merupakan hasil dari respon kita terhadap kejadian (events) yang kita alami dalam hidup kita.

Kita bisa saja selalu menyalahkan kejadian (events) yang menimpa kita atas hasil (outcome) buruk yang kita peroleh. Hal ini tidak akan memberikan dampak perbaikan apapun dalam kehidupan kita. Yang ada malah frustasi berkepanjangan karena kita ternyata tidak mampu mengubah kejadian itu.

Ternyata bukan kejadiannya yang mesti kita ubah. Tapi diri kitalah yang harus berubah. Respon kita terhadap kejadian itulah yang menentukan kualitas hasil ( outcome ) sehingga sesuai dengan yang kita inginkan. Mari kita bayangkan pada tiga situasi yang sering kita alami diatas.

Situasi pertama; kita tidak mampu merubah sikap atasan kita untuk lebih fair, namun kita bisa mengubah respon kita. Kalau kita selalu minta masukan sisi mana saja yang masih kurang dari pekerjaan kita dan solusi perbaikan apa yang dia tawarkan. Maka setahap demi setahap kualitas pekerjaan kita akan semakin meningkat.

Seandainyapun ini sudah kita lakukan bertahun tahun dan atasan tetap tidak fair. Tanpa kita sadari kualitas pekerjaan kita sudah meningkat jauh. Sudah saatnya kita mencari pekerjaan lain. Banyak sekali pekerjaan diluar sana yang membutuhkan kita. Atau bisa juga kita mendirikan perusahaan sendiri.

Situasi kedua; kita tidak mampu merubah sikap tidak professional mitra kita. Kalau respon kita hanya selalu mengeluh, maka tidak ada perbaikan apapun pada kita sendiri. Ya mudahnya kita tinggalkan saja mitra seperti ini. Kita perbaiki diri kita sendiri untuk bisa mengisi kelebihan yang dimiliki mitra kita, atau kita cari mitra baru yang lebih professional.

Situasi ketiga; banyak orang stress dan frustasi setiap hari menghadapi kemacetan lalu lintas. Usaha paling minimal yang bisa kita lakukan adalah kita berkendara dengan disiplin. Untuk menghindari kemacetan, kita bisa berangkat lebih pagi. Bisa juga kita siapkan buku atau majalah yang bisa kita baca (kalau pakai sopir) atau mendengarkan siaran radio yang bermanfaat atau musik.

Jadi keputusan ditangan Anda.
Mau frustasi berkepanjangan atau merubah respon Anda dengan hal hal yang lebih bermanfaat sehingga outcome nya memperbaiki kualitas hidup anda.*
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...